Tips Mengirim Surat Lamaran Melalui Email

 

25 September 2012

Setiap perusahaan pasti berbeda pula peraturannya, termasuk dalam penerimaan lamaran untuk karyawan baru. Ada yang menerima lamaran dengan surat lamaran yang biasanya dikirimkan melalui pos dan ada pula yang mengharuskan lamaran dikirim melalui email. Bagi yang sudah terbiasa mengirim melalui pos mungkin akan merasa bingung bagaimana cara mengirim lamaran via email. Supaya tidak bingung, berikut merupakan tips mengirim surat lamaran via email.

1. Mempunyai Email.
Tentu saja ini sangat penting sekali, bagaimana Anda bisa mengirim email sementara Anda tidak mempunyai email ? Kalau Anda belum mempunya email, sebaiknya membuat email terlebih dahulu. Sekarang ini banyak email yang bisa dimiliki dengan cara gratis, misalnya Yahoo, Gmail, Hotmail, dan lain-lain.

2. Judul Email.
Email sudah punya tapi masih bingung bagaimana cara mengirim lamarannya ? Hal pertama yang harus diperhatikan adalah judul email, karena judul email merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh penerima email. Judul email haruslah singkat, padat dan jelas. Biasanya pada iklan lowongan kerja dicantumkan posisi yang akan dilamar sebagai judul email, misalnya untuk posisi sebagai sales maka judulnya adalah “Sales”. Hal ini untuk memudahkan penerima untuk memilah lamaran-lamaran yang diterima.

3. Mengenai Surat Lamaran dan Resume ( CV ).
Surat lamaran yang dikirimkan melalui pos biasanya surat lamaran, CV, dan dokumen pendukung lainnya disatukan dalam satu amplop kemudian dikirimkan. Tapi kalau via email bagaimana,ya? Biasanya surat lamaran diketik pada badan email. Kemudian CV dan dokumen lainnya dijadikan sebagai lampiran (attachment). Untuk dokumen lain, misalnya ijazah atau kartu identitas, sebaiknya discan terlebih dahulu. Satu hal yang penting, jangan pernah mengetik CV Anda di badan email.

4. Jenis File Lampiran (Attachment) Yang Akan Dikirim.
Biasanya jenis file lampiran (attachment) yang akan dikirim adalah format doc (MS Word), tetapi ada juga beberapa perusahaan yang memperbolehkan mengirimkan format pdf, xls (MS Excel) atau txt (Notepad). Tetapi apabila tidak disebutkan file apa yang harus dikirimkan, sebaiknya Anda menggunakan file doc (MS Word).

5. Perhatikan Ukuran Lampiran (Attachment).
Sebaiknya surat lamaran beserta lampirannya tidak lebih dari 300kb, karena apabila semakin besar ukurannya maka akan semakin lambat penerima mendownloadnya. Anda pasti tidak ingin lamaran Anda tidak diterima hanya gara-gara penerima langsung menghapus email yang Anda kirimkan karena ukuran filenya terlalu besar,kan? Oleh karena itu, periksa dahulu ukuran file yang akan dikirimkan. Apabila foto yang akan dikirimkan terlalu besar, Anda bisa memperkecil ukurannya dengan program photo editor ataupun image resizer.

6. Dijadikan Satu Dalam Bentuk ZIP.
Apabila Anda melampirkan beberapa file sekaligus, akan lebih baik kalau file-file tersebut disatukan menjadi file zip. Selain memudahkan penerima dalam mendownloadnya, dengan file zip akan memperkecil ukuran filenya.

7. Lakukan Uji Coba Pengiriman Email.
Semuanya sudah siap dan surat lamaran siap untuk dikirimkan. Tapi sebelum dikirimkan, ada baiknya Anda melakukan uji coba pengiriman terlebih dahulu ke email Anda yang lain, jangan langsung ke email perusahaan. Kenapa ? Karena sering kali format email berubah setelah sampai ke alamat email yang lain, misalnya dari Yahoo ke Gmail atau sebaliknya. Dengan melakukan uji coba terlebih dulu, Anda akan dapat melihat sendiri hasil pengirimannya bagaimana. Kalau ada yang berubah segera Anda ganti yang berubahnya, tetapi kalau tidak ada yang berubah dan sesuai dengan yang Anda harapkan….silahkan langsung dikirimkan.

Bagaimana ? Mengirim surat lamaran via email tidak susah dan ribet,kan ? Satu lagi kelebihannya, dengan mengirimkan surat lamaran via email, Anda tidak usah menggunakan amplop, prangko dan pergi ke kantor pos. Anda cukup melakukannya di rumah, dengan catatan ada komputer dan koneksi internet, atau di warnet.

 

 

One thought on “Tips Mengirim Surat Lamaran Melalui Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>